Monday, July 13, 2015

Hati hati mudik via terminal terboyo semarang...!

mudik via terminal terboyo semarang
Terminal terboyo


Mudik sudah menjadi tradisi entah mulai kapan di lakukan, yang jelas, mudik adalah moment spesial yang kudu dijalani oleh para perantauers yang sekian lama telah menjalani hari hari di kota besar , pulang di saat lebaran demi menyambung tali silaturahmi dan menjaga hubungan kekerabatan antar kawan-dulur-atau sanak famili

Mudik banyak cara di lakukan, baik memakai sepeda motor, mobil pribadi , naik kendaraan umum, atau malah memakai becak ( dulu ramai di beritakan ).

Disamping rasa senengnya akan mudik, ada bahaya yang selalu mengintai dari belakang, layaknya sesekor haina mengawasi mangsanya dari kejahuan menunggu mangsanya lengah,

Saya akan jabarkan modus pemerasan berkedok tarif tiket yang dulu pernah saya alami di terminal terboyo semarang, oke baca dengan teliti kisah yang saya alami berikut :

Saya ingin ke tujuan jogjakarta, biasanya saya naik bus nusantara AC executive , namun siang itu bus nusantara belum juga kelihatan , lumayan saya nunggu hampir satu jam,

Karena di buru waktu, saya berfikir untuk keliling mencari alternatif bus jurusan jogja yang ber AC, well baik lah apa salahnya mencari suasana baru selain nusantara?

Tiba tiba ada bapak bapak memanggil menanyakan hendak kemana arah tujuan saya, lalu bapak bapak dengan nunjuk nunjuk mengarah ke lalaki yang lebih besar di depan bus Maju lancar ( disingkat ML ), saya yakin dia adalah sopir bus ML, saya lihat di depan kaca depan bus terpampang tulisan AC tarif biasa,

Sempat saya bertanya pada bapak besar tadi berapa tarif yang harus saya bayarkan tujuan jogjakarta ? dia bilang diselingi  tawa renyah bahwa tarif biasa , 30 ribu saja mas..!

Dalam hati, wah lumayan murah nih, selisih 15 ribu dengan bus nusantara AC, oke saya naik ke dalam bus yang terlihat sudah ada beberapa penumpang yang umurnya sudah lumayan tua,

Selang 20 menit kemudian bus berangkat, suasana ber AC lumayan mengurangi hawa panas di kota semarang yang terkenal menyengat sekali,

Namun dingin nya AC mendadak menjadi panas setelah ada 3 orang pria berbadan besar naik , saya kira mereka adalah penumpang ternyata calo yang telah bekerja sama dengan awak bus,

Karena saya berada posisi di kursi belakang , saya melihat dengan kepala mata sendiri penumpang yang di depan dimintai ongkos 70 ribu..! alias 40 ribu lebih mahal dari janji ongkos yang di tawarkan dari awal,

Asem tenan..! dalam hati saya memaki , bakal kena tembak calo nih, saya benar benar tidak rela jika uang saya dimakan oleh para pencurang seperti mereka,

Saya amati lagi momen drama menegangkan saat salah satu penumpang menanyakan kok harga tidak sesuai dengan yang di omongkan ? lalu ke tiga pria besar tadi memaki maki dan membentak bentak penumpang tadi, karena takut yo wes , akhirnya mau membayar 70 ribu

Saya baca sholawat sebanyak banyaknya supaya terhindar dari amarah para tiga pria besar itu, dalam hati kecil saya berdoa supaya mereka memurahkan harganya

Bus masih dalam keadaan berjalan pelan merayapi jalan keluar terminal terboyo, lalu kini sampailah 3 orang besar tadi ke arah saya, sebelumnya saya sempat menawar dengan ramah makai logat jawa santai, dia cuma memandangi lalu menulis di kertas karcis 70.000 disodorkan ke saya, sambil berlalu dia mendatangi penumpang di belakang saya


mudik via terminal terboyo semarang
BUKTI KARCIS CALO YANG ADA TANDA PANAH


Ada percakapan kecil antara salah satu dari ketiga orang besar tadi dengan sang kondektur bus Maju Lancar, entah apa yang di bicarakan , mungkin masalah tarif yang terlewat mahal, saya dengar dari percakapan sekilas bahwa sebenarnya yang disepakati antara crew bus dengan tiga calo tadi adalah cuma 55 ribu, tapi kok malah jadi 70 ribu.

Terjadilah insiden kecil adumulut antara mereka dengan sang kondektur, tak butuh lama baku hantam terjadi, melihat peristiwa itu rekan rekan calo pria besar tadi juga ikut mengeroyok kondektur,

Bus di hentikan di pinggir jalan, drama pukul memukul menjadi tontonan penumpang yang lain, sang sopir tidak bisa berbuat apa apa, apalagi penumpang kayak saya ? mana berani misahin ? malah di hajar ..!

Ide nakal mencuat ..! saya ambil tas, sekejab dengan kecepatan penuh ambil langkah seribu untuk sesegera mungkin keluar dari bus, supaya tidak termakan tarif calo yang diluarnalar itu,

Saya sempat menyenggol salah satu calo yang berbadan besar tadi, melewatinya ambil langkah seribu kaki lari sekencang mungkin.

Layaknya di fim film hollywood saat moment kejar kejaran antara saya dan sang calo yang saya senggol tadi, sempat dag dig dug jika sampai ketangkap bisa bonyok saya dihajar mereka,

Bayangkan suasana terik yang panas , debu berterbangan saya loncati pagar loncat lagi selokan lalu melewati beberapa tukang ojek melonggo melihat aksi saya,

Senyum kecut saya lambaikan ke arah calo yang mengejar saya, weeladalah jubule dia lelah bro..! saya pelankan laju lari dan saya lihat dari kejahuan, eh dia ternyata ngos ngosan, tubuh segede gitu kok kalah adu kencang dengan orang kurus macam saya ini, walaupun sebenarnya saya juga ngos ngosan,  :P

Lari saya saya lanjutkan , melaju terus penuh dengan suasana kemenangan mengalahkan calo yang mengejar tadi, senyum saya umbar setiap orang yang memandangi kelakuan saya,

Dan beberapa menit kemudian, bus nusantara jurusan jogja datang, jeng..jeng..jeng.. agen pamot mendapat jemputan dari markas, saya buka handphone ada pesan yang bunyinya : " Misi selanjutnya ke jogjakarta .." :)

Pesan yang ingin saya sampaikan :


  • Jangan sembarangan memilih bus yang tidak terkenal, 
  • Jangan sendirian apalagi cewek
  • Ketahuilah bahwa otak para penipu selangkah lebih canggih dan kreatifnya minta ampun jadi waspadalah..!
  • Mending harga ongkos agak mahalan dikit asal aman dan terpercara
  • Coba coba hal baru itu menantang tapi tau resikonya
  • Terminal memang sarangnya kejahatan terutama copet dan calo nakal
  • Doa tetap menjadi utama dalam keselamatan nyawa atau harta
Well, siapapun yang mudik di tahun ini semoga menjadi berkah dan menyenangkan, menemui hal hal baru yang menginspirasi, serta kemudikan sampean menjadi keberkahan bagi mereka keluarga di kampung, sampaikan salam saya pada mereka :) 

Wassalamu alaikum
See you..
Bye......

1 comment

  1. Terminal ini menjadi dilema sekarang, awak bus Pantura dan Solo Semarang masih ngotot agar bus mereka tetap beroperasi di terminal ini, nyatanya didalam terminal sudah dibongkar dan akan dibangun terminal truk.
    Sekarang bus kebanyakan putar balik saja, mending naik dari depan jalan masuk Terboyo atau di seberang RSI, kalau masuk Terminal siapkan nyali dobel, saya yang kebetulan sudah familiar dengan terminal ini saja kadang masih ditawari calo walaupun masih secara halus.

    ReplyDelete