Tuesday, April 28, 2015

Cek galon air Anda sekarang..!

pamotpedia


  Artikel ini saya ulas ulang layak nya cover song di youtube, tentang baru sadar nya salah satu nitizen yang menyadari  akan kode PET/PETE pada galon yang ia gunakan,

  Sebelum mebahas lebih jauh, sebelumnya kita juga harus tau bahwa telah diaturnya tentang kode untuk kemasan plastik, karena tanda tersebut berkaitan dengan dampak kesehatan bagi manusia , kode tersebut pertama kali di cetuskan di Amerika oleh The society Of Plastic Industry dan diadopsi pula oleh lembaga pengembang sistim kode seperti ISO ( International Organization for Standardization )

             bila ada kode : 



Itu artinya barang yang ber logo seperti itu , barang nya hanya bisa di pakai sekali saja, dan wajib di buang/ di daur ulang bila perlu, setelah di pakai, kenapa ?

Alasan nya :

         Plastik yang berjenis PET/PETE ini sesungguhnya direkomendasikan hanya sekali pakai, kenapa? Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang.


       makanya sekarang harap teliti saat belanja barang yang berbahan plastik, kebanyakan orang awam biasanya acuh dengan hal beginian, asal beli saja di pasar , dipakai sampai kucel lalu di buang setelahnya, nyadar setelah tua, untung dari simbah sampai orang tua saya jarang sekali memakai wadah yang berbahan plastik, minum saja wadahnya makai kendi.  nyambal nya makai batu alias cobek , makan jarang makai sendok tapi makai tangan hehe. ndeso tapi sehat, malah saat di pesantren dulu kalau makan bareng-bareng makai alas daun pisang di letak kan di lantai lalu makan bareng, seru kan hehe. 

      Kasus yang saya temui biasanya ada kan yang jualan berbagai barang yang berbahan platik,  jualan nya biasanya makai mobil bak terbuka , nah saya pernah lihat tuh, nggak ada tanda nya semacam PET-PETE dan seterusnya yang ber logo segitiga panah, itu gimana dong ? yaaa selama itu tidak dipakai wadah makanan sih its oke, :)

 Saya sertakan pula kode nya :


Oke, semoga bermanfaat, :) jangan lupa tinggalkan jejak

0 komentar:

Post a Comment