Thursday, April 30, 2015

Pengen sugeh ? woco surat Al-waqi'ah..!



Alm Simbah Kyai Umar faruq : Pengen sugeh ? woco surat Al-Waqiah..! saben dalu..!
Pengen kaya? baca surat Al-waqiah tiap malam, begitu terjemahan nya, 

      Begitu dawuh nya beliau saat masih mengajar santrinya waktu rhomadhonan , saya ingat betul kala itu saya baru pertama kali memasuki masa pesantren sarang, teriknya selepas dhuhur tidak menyurutkan niat saya untuk ngaji  kepada beliau,

     Perasaan takut dan minder saya rasakan , lha wong ra tau ngaji je hehe, ini adalah moment paling seru yang saya ingat, menenteng kitab ta'lim muta'alim kalau nggak salah, bersarung sedikit kedodoran layaknya orang habis sunatan, memakai sandal entah sandalnya siapa saya juga nggak tau, alias ghosob. soalnya sandalku hilang juga di ghosob santri lain, ( ghosob adalah istilah umum yang digunakan oleh kalangan santri yang artinya pengambilan/pemakaian barang tanpa memberitahu atau meminta ijin dari pemilik nya )

kembali ke topik,
Baik waktu itu saya masih santri baru, ngaji kitab kepada sosok pengasuh pondok sekaligus sesepuh, jelas ini adalah sebuah momen yang seru, i remember first time ngaji satu persatu santri di tanyai namanya, semua namanya berbau bahasa arab, semacam abdullah, mahmoed, ubaidillah, dst, cuma nama saya saja yang terdengar ke-jowo-an ,

   "Sopo jeneng mu ? Sugiono mbah,  wong ngendi je? Pamotan mbah..." begitu cuplikan dialog nya. semua mata yang ada di ruangan mendadak memandangi saya , entah tatapan apa, mungkin nama saya yang tidak nyantrini. alias tampil beda hehe, dialog selanjutnya gini :

  "Sugiono? Oooo.. sugih-ono koe ..sugih-ono" (Kayalah kamu..kayalah kamu..)"    saya bergumam dalam hati : amien..lalu beliau melanjutkan begini : siapa saja yang ingin kaya, bacalah surat Al-Waqiah tiap malam, saya melihat sekeliling santri terlihat tertunduk takdzim mendengarkan dawuh beliau.

Hadistnya :

1. Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasullulah saw bersabda”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah,ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya”

2. Imam Ja’far Ash- Shadiq berkata :”barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam jum’at ,ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia,tidak melihat kesengsaraan, kefakiran,kebutuhan,dan penyakit dunia,surat ini adalah bagian dari sahabatAmirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewan yang tidak tertandingi oleh yang lain.”

3. Juga dari Imam Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husain bin Ali bin Abu Thalib meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama”.


Terimakasih telah rela membaca artikel ini
Semoga bermanfaat



0 komentar:

Post a Comment