Monday, May 25, 2015

Jin tertawa jika kamu menguap

menguap dalam islam


Hayo siapa yang mempunyai kebiasaan menguap ( angop ) tidak di tutupi pakai tangan, tidak pula mengucapkan "Allah" ? perlu diketahui jika seseorang angop atau meguap dalam keadaan tidak di tutupi dan mengeluar bungi " haaaaah..!" hoam.. dan lain lain, secara tidak langsung itu membuat jin atau setan tertawa lho,

“Abu Hurairah berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci nguap. Apabila seseorang bersin lalu mengucapkan al-hamdulillah, maka muslim yang mendengarnya harus mendoakannya. Adapun menguap datangnya dari setan, karenanya tahanlah sedapat mungkin. Apabila ia menguap terus keluar suara ‘haaa’, maka setan akan tertawa,” (HR. Bukhari dan lainnya).

Maka adab nya jika seorang muslim khusunya jika sedang menguap ucapkanlah lafadz yang baik, semisal hamdalah, sholawat dll. etikanya meletakkan telapak tangan di mulut dan menutupnya dengan rapat, 

Diriwayatkan dari Abu Sa'id al-Khudri r.a, ia berkata, "Rasulullah saw. pernah bersabda, 'Jika salah seorang dari kalian menguap, maka hendaklah ia menahan mulutnya dengan tangannya, sebab syaitan akan masuk." (HR Muslim).

Namun terlepas dari keterangan bahwa menguap itu dari setan, memang menguap juga gejala alamiah manusiawi sebagai exspresi keadaan tubuh yang kurang tidur, lemah, kurang vitamin dan juga kurang istirahat,

Pada hasil penelitian di Frontiers, Neuroscience, Gallup dan rekannya Omar T. Eldakar menemukan bahwa suhu otak yang naik didahului oleh menguap pada manusia dan tikus. Mereka juga menemukan bagaimana menguap jadi lebih sering ketika suhu lingkungan tinggi. Banyak penelitian yang berfokus pada menguap menular. Ini sebuah fenomena di mana kita menguap menanggapi orang lain yang juga melakukannya. Terlebih lagi, kita cenderung menguap ketika teman dekat atau anggota keluarga melakukannya.
Wassalam semoga bermanfaat :)

1 comment

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete