Thursday, June 25, 2015

manfaat wudhu bagi kecantikan

Banyak hal ajaib yang secara kasat mata sulit untuk di mengerti secara logika dalam tata budaya dalam agama islam, mungkin karena ilmu saya yang terlalu sedikit jadi pikiran dan hati belum sampai mengayuh ke sana,

manfaat wudhu bagi kecantikan
manfaat wudhu bagi kecantikan


Sebelumnya saya juga pernah membahas begitu ajaib nya sebuah kurma yang bisa mengalahkan manfaat nasi yang telah saya bahas disini .

Kali ini saya akan membahas tentang fenomena wajah bersinar hanya dengan berwudhu sebelum tidur, benarkah ?

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. 
(HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.) 

Fenomena tersebut yaitu bersinarnya wajah karena air wudhu terungkap dari kasak kusuk pembicaraan dari mulut kemulut atau dari forum ke forum mungkin juga dari penuturan tokoh agama, dan di buktikan dengan penelitian oleh ahli  ilmu kecantikan, dan saya sendiripun meng-iya kan fenomena bersinarnya wajah sebab air wudhu sebelum tidur,

Bersinar disini hanya sebagai kata kiasan yang maksud sebenarnya adalah wajah terasa enak di pandang, ora mbusem ( kusut ) , saya yakin siapapun bisa membedakan mana wajah yang "adem" dengan  wajah orang yang jarang berwudhu ( terlihat seperti berminyak )

Saya mempunyai pandangan sendiri tentang fenomena wajah bersinar sebab air wudhu adalah mungkin sebagai bonus plusnya dari sebuah ibadah nya yaitu wudhu.


Disebutkan dalam Shahihain, dari sabahat al-Bara’ bin Azib radliyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda kepadanya; 


Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukahri dan Muslim).


Namun yang saya kawatirkan adalah salah tangkap benang merahnya pembahasan ini, yaitu hanya dengan berwudhu sebelum tidur dapat mencerahkan wajah, tapi kalau posisi pembaca hanya menerapkan wudhu sebelum tidur tanpa melakoni sholat 5 waktu ya saya kira sama saja, alias bodong,  saya sarankan sholat nya musti benar benar mendarah daging. sehingga proses manfaat berwudhu benar benar mujarab lahir batin.

Berikut manfaat wudhu sebelum tidur yang saya kutip dari akhbarislam.com  :

  1. Merilekskan otot otot kulit sebelum istirahat, sehingga peredaran darah hangat bisa berjalan normal ke area kulit wajah yang manfaat nya jelas memberi nutrisi bagi kulit
  2. Menghilangkan kotoran di kulit, air wudhu yang sebelumnya kita dongani jelas merubah partikel air tersebut menjadi partikel yang indah
  3. Wudhu sebelum tidur selain anut kanjeng nabi juga bonus di doakan malaikat, di doakan supaya dosa dosanya di ampuni

    Mokhtar salim dalam bukunya " Prayers a sport for body and soul"  mejelaskan bahwa wudhu dapat mencegah kanker kulit, kanker kulit banyak disebabkan kosmetik yang berbahan kimia, yang setiap hari menempel pada kulit , maka apabila di basuh dengan air terutama air wudhu yang telah berubah partikel airnya , akan secara ajaib melarutkan semua jenis jenis bahan kimia atau kotoran yang ada di kulit.

    Di dalam buku Mukjizat Berwudhu karya Drs. Oan Hasanuddin, R.O, Akp, MA. dijelaskan bahwa anggota badan yang dibasuh air wudhu memiliki titik akupresure dan akupunktur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Titik-titik tersebut merupakan bagian titik pijat dan akupunktur untuk mengobati berbagai macam penyakit. 

manfaat wudhu bagi kecantikan

Selain manfaat yang banyak sekali yang telah saya paparkan di atas, saya pribadi juga mempunyai kesan tersendiri tentang berwudhu sebelum tidur ; yaitu disamping menjadi nilai ibadah juga membuat nyenyak sekali saat tidur, tidak lagi insomnia, apalagi bermimpi buruk, MasyaAllah walhamdulillah jauh jauh hari kanjeng nabi mengajarkan ini kepada kita,

Wassalamu alaikum
See you.. :)

3 comments