Sunday, June 21, 2015

Cerita sahur cuma makai kurma

Manfaat kurma dahsyat
Pohon kurma


Waktu itu saya bangun sahur "kesiangan" sekitar jam 03:30 , lha wong biasanya saya sahur jam 02:30 je, "pasti menu di warung sudah tinggal koretan" ( sisa sedikit/habis ) gumam dalam hati, Astagfirullah.. bangun tidur bukan nya baca hamdalah atau sholawat malah mikir makan,

Badalaaaa... ternyata benar menu yang di jual di warung sudah habis, nyari muter muter di tempat lain juga sudah pada habis, terpaksa pulang sayup sayup di iringi lagu "gelandangan" 

Sekelebat mata tak sengaja melihat 7 kurma tergeletak di piring yang saya dapat dari takjilan belum sempat saya santap, Alhamdulillah sedih juga, yang biasanya sahur 1 piring full plus ayam plus tempe 5 plus lalapan, kini sahur cukup 7 kurma , itupun sisa dari takjilan. 

Seharian saya menjalani aktifitas seperti biasa, tak terasa mendekati magrib tersadar kok terasa ringan sekali puasa hari itu , jangankan lapar ,perut keroncongan yang biasa saya rasakan antara jam 7-8 atau jam  14-15 pun tidak . yang biasanya di siang hari hawanya ngantuk dan lemes, kini tidak saya rasakan,  padahal cuma sahur makai 7 kurma  yang gedenya cuma se-jempol tangan. 

Jangan mikir seharian saya tidur ya, saya kerja jam 04:30 sampai 12:00 sehabis itu ngeblog dan buat artikel sampai sore, 

MasyaAllah apakah ini manfaatnya kurma sampai kanjeng nabi bersabda :

  • Sebaik baik sahurnya seorang mukmin adalah kurma ( HR.Abu daud )

Entah jenis kurma apa, saya juga nggak ngerti , makin penasaran saya coba beli kurma yang sudah di packing 1 kiloan di swalayan terdekat untuk digunakan menu sahur selanjutnya.

Hari demi hari saya puasa sekalian membedakan menu antara makai nasi satu piring full dan 7 kurma. hasil riset membuktikan untuk kepuasan makan -jelas menu nasi beserta variasinya menang telak, tapi segi manfaat nya kalah jauh dengan menu sahur kurma.

Iseng deh search sana sini apasih yang terkandungan dalam kurma : 
Sedangkan dari sisi medis, buah kurma ini ternyata makanan yang paling baik. Kurma mengandung zat gula yang tinggi yaitu antara 75-87 persen dan glukosanya sebanayk 55 persen, fruktosanya 45 persen lebih tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B2, B12 dan sejumlah zat penting lain seperti kalsium, fosfor, potassium, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, seng, florin, tembaga, salyolosa dan sebagainya.
Kandungan Kurma.
Berdasarkan penelitian yang dilakukakn oleh Dr. Hisyam Syamsi Basya, dalam satu kurma itu mengandung:

  • Air 20-24 persen.
  • Gula 70-75 persen.
  • Protein 2-3 persen.
  • Serat 8.5 persen.
  • Dan sedikit sekali kandungan lemak jenuhnya (lechitin).
Sedangkan untuk kandungan kurma muda atau Ruthab adalah:
  • Air 65-70 persen.
  • Zat gula 24-58 persen.
  • Protein 1.2-2 persen.
  • Serat 2.5 persen.
Padahal jaman dulu kala belum  ada penelitian ilmiah tentang kandungan kurma, istilahnya wes pokok e angger kanjeng nabi bilang A ya kita harus A  jika kanjeng nabi bilang B ya kita harus B. anut grubyuk tanpo rembuk.

Dari Salman bin Amir, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda,
"Jika salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada, maka dengan air karena air itu bersih dan suci."
(HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Itulah kanjeng nabi. menu nya simple nggak neko neko kayak saya ini, kalau pas buka atau sahur nggak main banyaknya, yang saya alami adalah kejadian yang tidak sengaja membawa ke sunnah manut kanjeng nabi.

Allah SWT berfirman,
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا 

"Sesungguhnya pada diri Rasululah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap ridha Allah dan hari akhir serta banyak berzikir kepada Allah."
(QS. Al Ahzab: 21).

Sekarang dan seterusnya saya terbiasa bersahur makai kurma, cuma 7-10 biji itu sudah cukup, :) manfaat nya saya rasakan, tidak lagi di siang hari ngantuk atau tidak bergairah, itung itung manut sabdane kanjeng nabi juga manut apa yang di firmankan Allah di atas.

Wassalamualaikum , :)
See you..

3 comments

  1. kata sebagian orang juga bilang mas kurma dapat menghilakan rasa nyeri

    kunjungan perdana ane nih mass

    ReplyDelete